5 Feb 2010

Membuat bahan bakar gas dari tanaman

Kelangkaan dan mahalnya bahan bakar minyak memang menjadi topik penting, terlebih dengan sulit didapat untuk minyak tanah dimana yang sudah menjadi kebutuhan pokok rumah tangga untuk memasak. Mungkin kita semua tau tentang program pemerintah yang memberlakukan dengan mengurangi pemasokan minyak tanah diwilayah ibukota yang salah satunya adalah jakarta, dimana hampir sebagian besar minyak tanah sekarang ini mulai hilang keberadaannya dan diganti dengan bahan bakar gas.

Yang menjadi pertanyaan kita kali ini apakah ada cara untuk membuat bahan bakar gas yang bisa kita buat sendiri? Mungkin kita semua mengenal salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk membuat bahan bakar gas yaitu Eceng Gondok, dimana beberapa para ilmuwan telah meneliti salah satu tanaman ini yang mampu menghasilkan gas, dan sudah dibuktikan oleh beberapa rumah tangga di daerah yang menggunakan tanaman eceng gondok ini sebagai bahan bakar untuk memasak.

Proses pembuatan bahan bakar gas ini juga bisa dikatakan cukup mudah dan tidak memerlukan bisaya yang terlalu besar dalam membuatnya, dimana seperti salah satu rumah yang saya kunjungi di daerah jawa barat dalam membuat bahan bakar gas ini cukup unik, dengan membutuhkan alat seperti selang, drum, dan plastik dengan ukuran besar sebagai wadah menanmpung gas yang akan dihasilkan dari eceng gondok tersebut, dimana anda cukup memasukan eceng gondok tersebut dengan dicampur air secukupnya dan menunggu 7-8 hari agar tanaman eceng gondok tersebut membusuk didalam drum dan akan menghasilkan gas yang akan disalurkan kedalam kantung plastik dengan ukuran besar tersebut.

Dan alhasil keluarga tersebut tidak lagi membutuhkan minyak tanah atau harus membeli gas yang mungkin banyak kita jumpai di warung. Mungkin dengan adanya posting ini bisa membantu rekan-rekan kita yang berada didaerah untuk dapat memanfaatkan sumber alam kita, karna mungkin kita ketahui bahwa akan sangat sulit bagi kita yang ada di ibukota untuk mencari tanaman eceng gondok :D

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.