22 Mei 2009

Sulitkah berkata jujur..?

Mungkin jika kita mendengar kata jujur sudah pasti dosa yang akan terlintas di benak anda, namun mengapa masih banyak orang yang melakukannya yang sesunggunya jelas-jelas bahwa hal tersebut adalah salah!! Masing-masing watak seseorang memang berbeda-beda dalam memahami pentingnya sebuah kejujuran, dimana kerap kali sangat sulit untuk melakukan sesuatu hal yang tidak bertentangan dengan hati nurani kita, apakah hal tersebut dikarenakan karna sudah menjadi kebiasaan, atau kurangnya nilai-nilai agama yang ada pada diri masing-masing orang?

Beberapa contoh kecil sebuah kejujuran seperti seorang anak dimana seharusnya bisa dikatakan lugu dan polos namun sudah mampu membohongi orang tua, misalkan seorang anak yang melakukan kesalahan karena telah mengotori seragam sekolah, yang jelas-jelas orang tua sudah melarang bermain menggunakan seragam sekolah, namun jika kita lihat pada contoh diatas akan nampak bahwa rasa takut yang menyebabkan seseorang melakukan ketidak jujuran, lalu bagaimana dengan para anggota legislatif yang melakukan korupsi dengan jumlah besar atau bagaimana dengan seorang suami yang selingkuh dengan wanita lain? apakah tidak jujur muncul karna rasa bersalah seperti hal nya contoh anak yang mengotori seragam sekolahnya?

Memang akan sangat luas sekali jika kita membicarakan seseorang yang tidak jujur, dimana sesungguhnya dengan berkata jujur memberikan kepuasan tersendiri dalam benak dan hati kita, yang mungkin anda akan beranggapan bahwa dengan melakukan tidak jujur dalam hal materi meskipun kecil nilainya orang lain tidak akan mengetahui apa yang kita perbuat. Jika saya akan bertanya pada anda!! bagaimana perasaan anda disaat melakukan sesuatu dengan jujur dan dibandingkan dengan tidak jujur? apakah ada perbedaan dalam hati kecil pada diri anda dalam melakukan tidak jujur dan jujur? tentunya anda bisa menjawabnya. Jadi.., apakah sulit berkata jujur...?

15 komentar:

  1. Saya akui emang susah buat berkata dan berlaku jujur. Itulah knapa saya sangat susah percaya ma orang. Bukan maksudnya paranoid ato negatif thinking. I just don't trust 'em.
    Dan saat ini saya pun sedang trus brusaha buat blajar untuk berlaku jujur. Kan perubahan harus slalu dimulai dari diri sendiri kan?

    Btw tumben msh sepi yg komen...
    ;)

    BalasHapus
  2. Sangat sulit untuk berkata jujur, terutama jika dalam hal yg sangat crucial. namun sebisa mungkin harus tetap bs melakukan tindak kejujuran.. :)

    BalasHapus
  3. Kenapa sulit ya? karena trauma yang ada pada diri seseorang [anak] ketika dia berkata jujur. Bukan Maaf yang diperoleh [dari orang tuanya] namun sebaliknya sebuah hukuman dan saat dia berkata tidak jujur maka tidak akan di hukum sehingga tidak jujur adalah cara yang aman.

    BalasHapus
  4. memang sepertinya kejujuran akan menjadi barang langka

    BalasHapus
  5. jujur itu harus dibangun, tidak bisa spontan

    BalasHapus
  6. iya sulit banget brkta jujur...........dan terutama pd org tua kita.........huh rasanya gk enk banyk dosa......niat kul...mlh blogging.......hehe.......ntar q ju2r....moms.. :P

    BalasHapus
  7. Semua sih tergantung dari bagaimana kepribadian kita saja....

    BalasHapus
  8. Kalau saya sih lihat situasi dan kondisi saja... Gimana baiknya saja...

    BalasHapus
  9. tidak!!! berkata jujur itu tidak sulit. lebih baik jujur daripada tidak jujur.

    BalasHapus
  10. memang pahit untuk berkata jujur :)

    BalasHapus
  11. Iya mbak.. kadang kala saya sulit untuk berkata ju2r.. tapi demi ketenangan batin orang lain juga.. :D

    Hmmm saya salut sama orang yang bisa berkata jujur di dalam keadaan apapun..

    BalasHapus
  12. kadang-kadang memang terasa sulit untuk berkata jujur

    BalasHapus
  13. Kalau bicara jujur itu gampang, kalau kita berbuat jujur. Tapi bagaimana kalau perbuatan kita tidak jujur, dan kita harus berkata jujur demi menghindari perang dengan janji kita. Disini perlu logika pikiran untuk mengolah ketidak jujuran menjadi jujur. Dan jawaban kita itu memang jujur.
    Misalnya begini, "Kamu merokok ya?"
    Sekarang saya sudah berhenti merokok?
    Padahal 30 menit yg lalu kita baru saja merokok. Tapi pada saat kita menjawab, kita memang tidak merokokkan. Tadi memang ia, sekarang tidak. Begitu kira-kira? Setuju...

    BalasHapus
  14. Susah, tapi jangan disusah-susahin.

    BalasHapus
  15. sekali tidak jujur maka akan selalu menjadi kebiasaan. mulailah perubahan pada diri sendiri untuk jujur.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.