17 Apr 2009

Tips memijat bayi

Bayi memang membutuhkan kasih sayang dan perhatian lebih yang diantaranya adalah pijatan untuk bayi, dimana sentuhan seorang ibu kepada sang buah hati akan menjadi sebuah sarana terindah antara bayi dan orang tua, dimana hal tersebut juga akan sangat bermanfaat untuk perkembangan fisik dan emosi bayi. Dalam memijat bayi memang memiliki teknik tertentu dalam melakukannya, sehingga bayi akan merasa nyaman disetiap saat dan juga mampu memicu system sirkulasi bayi dan denyut jantung, pernafasan dan system kekebalan tubuh, selain itu juga mampu mendidik bayi untuk lebih tenang dalam menghadapi stress. Tentunya banyak sekali manfaat dalam anda melakukan pijatan untuk bayi.

Pagi hari dan malam hari memang menjadi waktu yang tepat dalam memberikan pijatan untuk bayi, dimana perhatian seorang ibu akan dirasakan oleh sang buah hati dalam menjalani hari-harinya, karna dengan anda memberikan perhatian selama 15 menit untuk memberikan pijatan pada tubuh bayi akan sangat dirasakan, dan tentunya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum bayi dipijat:

- Tangan anda dalam keadaan bersih, dan usahakan agar kuku anda tidak menyakiti kulit bayi.
- Hindari penggunaan perhiasaan seperti gelang dan cincin dalam memberikan pijatan.
- Bayi tidak dalam keadaan lapar atau baru saja makan.
- Hindari pijatan dengan paksaan, karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Memang dengan rutinitas melakukan pijatan ini selain akan sangat bermanfaat untuk bayi juga akan sangat memberikan keuntungan bagi para orang tua dimana akan memberikan pengetahuan yang besar kepada seorang ayah atau ibu untuk lebih memahami anak mereka. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk melakukan pijatan kepada bayi, perhatikan langkah-langkah dibawah ini:
  1. Lakukan pijatan pada bagian kiri perut bayi dengan melakukan usapan dengan membentuk huru “I” dengan tangan kanan anda (kanan anda).
  2. Usapan dengan membentuk huruf “L” terbalik mulai dari kiri ke kanan.
  3. Bentuk usapan seperti huruf “U” terbalik, mulai dari kiri ke kanan dan banyak beberapa diantaranya menyebutkan proses tersebut dengan cara I LOVE U.
Lakukan proses memijatan tersebut pada beberapa bagian tubuh bayi seperti: dada, perut, punggung, lengan dan kaki. Namun ada beberapa tambahan bagi anda jika ingin melakukan pijatan senyum, dimana proses tersebut dilakukan untuk melemaskan otot wajah. Dibawah ini adalah salah satu cara untuk melakukan proses memijat wajah bayi:

a. Tekan jari-jari anda pada kening bayi, pelipis dan pipi.
b. Gunakan kedua ibu jari untuk memijat daerah diatas alis.
c. Dengan tekanan lembut, tarik garis dengan ibu jari dari hidung bayi kearah pipinya.
d. Gunakan kedua ibu jari untuk memijat sekitar mulutnya, tarik sehingga ia tersenyum.
e. Pijat lembut rahang bawah bayi anda dari tengah kesamping seolah membuat bayi tersenyum.
f. Pijat secara lembut daerah belakang telinga kearah dagu.

Semoga dengan beberapa metode memijat untuk bayi diatas mampu membantu anda dalam menciptakan rasa nyaman untuk bayi. Berikanlah yang terbaik untuk bayi anda

13 komentar:

  1. bayi memang rawan mba, salah pijit bisa fatal akibatnya.

    BalasHapus
  2. Waktu saya baru pulang dari RS habis lahiran, saya jg belajar gimana pijat bayi. Memang intinya pijat bayi itu adalah sentuhan, jadi bukan pijat ala orang dewasa.... sakit bo' klo kayak gitu.

    BalasHapus
  3. apa yang mijet itu sang ibu ja..? memang si ibu lebih dekat ama baby nya.. klo ayahnya yang mijet gimana? bole tho? :D

    BalasHapus
  4. waduh..kayanya rada gak tega2 gimana gitu kalo mo mencet si bayi..masih lembek2 gimana gitu..wew..

    BalasHapus
  5. bayi yang dah 6 bulan keatas kayaknya aku berani, tapi kalo dibawah umur itu agak serem iy, takut soalnya badannya masih keliatan rapuh

    BalasHapus
  6. mantap tipsnya sayang belum bisa ikuti masih belum punya :D

    BalasHapus
  7. wah kalo punya bayi nanti aku coba akh...makasih yah atas sharing ilmunya

    BalasHapus
  8. Wah aya ih mending liat i ibu mijitin si bayi aja drpd harus ikut mijid. Tangan saya kan kaar.. :)

    BalasHapus
  9. selamat berakhir pekan ya mba...

    BalasHapus
  10. tipsnya cocok untuk ibu-ibu yang baru melahirkan :D

    BalasHapus
  11. info yang bagus nih buat para ibu :)

    BalasHapus
  12. jadi dukun bayi dunk :D
    mbak dapat award dari saya, mohon diterima

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.