8 Jan 2009

Sharing atau Curhat itu perlu

Bener ga sih curhat atau sharing itu perlu? apakah dengan curhat bisa menyelesaikan segalanya? memang dalam hal ini mungkin dengan kita curhat mampu melepaskan semua masalah atau beban dalam hati kita, mungkin dalam masalah cinta, masalah rumah tangga, masalah pekerjaan, atau masalah dengan teman atau sahabat. Setiap beban dari setiap permasalahan yang kita hadapi memang akan sangat mengganggu pikiran dan jiwa kita, sehingga membuat kita resah dan gelisah dan terkadang tidak jarang membuat emosi pada diri seseorang meningkat.

Dalam hal ini memang bukan hanya wanita yang sering kali curhat, bahkan pria pun juga pernah mengalami nya, baik curhat dengan orang tua, curhat dengan pacar, atau curhat dengan teman kita. Salah seorang dokter yang paham dalam psikologi memaparkan bahwa:
"Dengan kita sharing atau cuhat hal tersebut mampu meringkan beban perasaan dari setiap orang, meskipun hanya dengan curhat tersebut tidak mampu menyelesaikan sebuah masalah"
sehingga dengan kita membuka hati untuk meluapkan isi perasaan kita kepada kerabat atau pacar terkadang kita juga bisa mendapatkan masukan-masukan yang mungkin berguna dalam memecahkan masalah yang ada pada diri kita.
Bukan berarti dengan kita sharing kita lemah atau tidak mampu dalam menghadapi setiap masalah yang ada, justru sebaliknya hal ini adalah proses dimana kita berusaha untuk melepaskan setiap beban yang ada dalam hati kita. Salah satu kemungkinan terburuk yang terjadi jika kita tidak bisa mengontrol diri dan emosi setiap mengalami masalah mungkin akan mengakibatkan gangguan pada jiwa kita, sehingga sering kali orang mengalami depresi. So.., menurut saya curhat itu perlu lho..

17 komentar:

  1. Bener itu mbakyu, curhat itu penting bagi siapa saja. Tetapi kebanyakan lho..perempuan yang keseringan curhat ya. Katanya lho kalau sudah curhat rasanya plong gitu.

    BalasHapus
  2. Iya, curhat itu selain membuat perasaan jd plong, siapa tahu kita jg bs dapat solusi yang tepat.

    BalasHapus
  3. curhat itu penting untuk menjaga emosi dan pikiran, termasuk kesehatan. Karena kalo depresi yang dipendam sampe berlarut-larut mesti jadi sakit. Mending dicurhatin aja deh.

    BalasHapus
  4. selain curhat perlu untuk membuat plong perasan yang punya masalah, curhat juga bisa dijadiin pelajaran untuk temen-temen yang lain(yang dicurhatin) :D:

    BalasHapus
  5. Curhat ? Perlu itu. Siapa tau dengan curhat, kita bisa mendapat saran/masukan yang bisa memecahkan masalah yang dihadapi.

    BalasHapus
  6. ya curhat sangat perlu dan bahkan penting mas makanya saya juga memulai belajar dan menulis di blog agar saya bisa bercurhat... makasih mas atas masukkannya :)

    BalasHapus
  7. asal jangan keseringan aja curhatnya, apalagi di ulang2 topiknya,spammers tuh namanya,kekekek.

    BalasHapus
  8. betul! dulunya saya juga anti-curhat..tapi ternyata curhat itu bisa membuat semuanya jadi lebih ringan..tapi jangan sembarang curhat..lebih baik curhat ke orang yang bisa dipercaya saja biar gak digossipin balik...weeee..

    BalasHapus
  9. setidaknya bisa sedikit meringankan beban perasaan :)

    BalasHapus
  10. Ya betul curhat itu perlu tapi ada hal-hal juga yang perlu diperhatikan misalnya curhat kepada siapa,dll

    BalasHapus
  11. salah satu media curhat adalah blog mas :)
    bener2 bisa membantu bgt :)

    BalasHapus
  12. setuju banget, mbak. curhat itu jelas sangat diperlukan, lebih2 ketika kita sednag menghadapi masalah. lewat curhat, setidaknya kita mendapatkan kekuatan moral dan mental baru utk menghadapi hidup dg sikap optimis.

    BalasHapus
  13. Saya termasuk orang yang jarang banget sharing. Soalnya orang2 yang terdekat di hati saya jauh semua sih. Kalau cerita by phone rasanya koq kurang lega gitu ya. Gimana solusinya?

    BalasHapus
  14. Yup curhat memang perlu.. Tapi entah kenapa saya termasuk orang yang gak suka curhat meski lagi bnyk problem.. Rasanya lebih baik dipendam sendirian saja, entah mengapa...

    BalasHapus
  15. ikutan curhat di sini yaaahhhh;
    daripada dipendam cara slikers; takut sih meledagk.
    Isteriku tempat curhat paling PAS : Proaktif, Agresif dan Solusif :)

    BalasHapus
  16. iya crhat itu penting bgt.....
    pa lagi klo kta lagi dapat masalh yng bsar :((

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.