16 Jan 2009

New Meta Robot blogger SEO friendly

Setelah keliling situs nya om google, posting kali ini saya akan memberikan tips bagi para blogger yang mungkin bisa bermanfaat. Kali ini topik yang saya bahas tentang masalah meta robot? sebenarnya apa sih manfaat meta robot ini, tentunya bagi anda para blogger sudah lebih tau untuk masalah yang satu ini dibandingkan saya, dimana robot ini akan menjadi salah satu penentu dimana blog tersebut akan terindeks oleh search engine seperti google, yahoo, dmozz, atau msn.

Mungkin beberapa dari kawan-kawan blogger sedikit mempertanyakan mengapa saya kali ini membuat posting yang melenceng jauh dari topik yang saya bahas tentang masalah wanita, alasan saya mungkin selama ini saya tidak bisa memberikan tips bagi kawan-kawan blogger dalam masalah tutorial blogspot, oleh karena itu kali ini akan saya coba meskipun minim nya pengetahuan saya dalam tutorial blogger, apalagi tips SEO, huh saya angkat tangan.., lah wong nembak keyword aja belum bisa, kok sok tau coba ngasih tips tutorial blogger, what ever you say lah..., intinya saya akan mencoba selalu memberikan informasi bagi siapa pun.

Mungkin beberapa rekan blogger sudah memasang meta robot di blog masing-masing, yang sudah pernah dibahas oleh sahabat saya tentang bagaimana cara memasang meta robot yang benar dengan format dibawah ini:

<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>

Namun belakangan, informasi yang saya dapat dari Google untuk masalah meta robot yang bisa anda baca disini, tentang meta robot yang baru diluncurkan oleh google dan tentu nya tetap SEO friendly dimata para Search Engine, seperti Google, Yahoo, MSN, dan DMOZ, yaitu dengan format NOODP dibawah ini:

<meta name="robots" content="NOODP"/> atau
<meta name="googlebot" content="NOODP, follow"/>

Bagi anda yang masih mempertanyakan apakah meta robot tersebut SEO friendly? anda bisa membaca nya lebih lengkap disini, dan hingga kini pun saya sudah menggunakan metode tersebut sebagai meta robot saya.

35 komentar:

  1. wauih udah lama nih ga masuk webmaster makasih infonya langsung masuk aja ah and makasih linkbacknya :D ..

    BalasHapus
  2. robot gedek ada ndak? ;)

    BalasHapus
  3. Makasih infonya buk.
    Segera di rancang lagi nih robot-nya.

    BalasHapus
  4. klo saya pake fasilitas yang ada di google webmaster tools:
    Tools --> Generate robots.txt
    Tools --> Analyze robots.txt

    :D

    BalasHapus
  5. wah, selama ini memang saya sudah sering mendengar istilah robot.text, mbak. tapi bagaimana cara kerjanya dan pengaruhnya terhadap index di search engine ndak paham2 juga, hiks.

    BalasHapus
  6. sayang tu robot ga bisa liat gambar ya... kasihan... :D

    BalasHapus
  7. si robot jadi satpam yah, nentuin mana yang boleh dilewatin dan mana yang terlarang :lol:

    BalasHapus
  8. hihihi.. kali ini saya bingung... saya pikir itu meta, tapi dibilang .txt... bingung saya :D

    BalasHapus
  9. hayo yang blgspot yang blogspot.....

    BalasHapus
  10. robot.txt emang top banget mas ..
    coz udah nembak blom mas ?

    BalasHapus
  11. mantab nih tipsnya makasih

    BalasHapus
  12. wahhhh terima kasih atas informasinya mas
    apa ini juga bisa di WP ?????

    BalasHapus
  13. si robot ini memang suka bikin bingung hehe thanks infonya :D

    BalasHapus
  14. kayaknya itu Meta model baru ya, cobain ah...
    Btw trims risetnya

    BalasHapus
  15. gak begitu paham...:) tapi aku baca2 disini http://www.robotstxt.org/

    BalasHapus
  16. @all: tanks for visit, begini deh kalo menulis sebuah topik yang tidak kita kuasai, tapi saya berterima kasih atas kritik yang sudah diberikan, karna saya tidak menutup diri untuk menerima saran atau maskan sehingga bisa menjadi pelajaran buat saya :)

    BalasHapus
  17. wah...makasih buat artikelnya :)

    BalasHapus
  18. Ya ampun.. mohon maaf ya sebelumnya.. tadi saya bener2 bingung.. ternyata dari awal emang niatnya bahas meta tag yach.. tadi saya sempat berpikir saya yang ketinggalan info soalnya uda lama banget ga buka-buka situs SEO dan sebagainya, makanya komentarnya ga konstruktif gitu.. sekali lagi mohon maaf.

    hihihi.. sebetulnya kalo uda pake robots kaya yang di contoh, ga perlu pake googlebot. Soalnya sama aja efeknya.. penggunaan lebih dari satu statement meta bot kita gunakan kalo kita memberikan perlakuan berbeda untuk crawler dari beberapa SerchEngin yang berbeda. Misal googlebot untuk mbah gugel diset nofollow, tapi Yslurp buat Yahoo-nya diset follow dsb :D

    BalasHapus
  19. @andre: sama-sama mas
    @ipung: justru saya lebih senang mas ipunk, terlebih kritik tersebut bersifat membangun atau membenarkan dari setiap tulisan saya, saya akan terbuka menerima nya, dan lagi pula kebetulan saya kehabisan bahan untuk ditulis mas heheh... :)

    BalasHapus
  20. thanks infonya.. :-)

    BalasHapus
  21. wuih, OOT nih dari seputar wanita. Makasih banged infonya. Bisa dicoba nih

    BalasHapus
  22. robot meta dengan file robot.txt ada perbedaannya?
    waduh; dapat ilmu baru di sini; dilanjut ke komment posting terbaru

    BalasHapus
  23. saya ga gitu ngerti meta tags ini
    makasih infonya

    BalasHapus
  24. Thanks infonya mas...ilmu baru

    BalasHapus
  25. Haiiii...Bung Narmadi, kok pakai Mas. ooo maksudnya mungkin Ni Mas...,
    mohon ijin copas kode html untuk robot metanya. tkhs.

    BalasHapus
  26. Makasih atas infonya...
    Btw saya masih pake yang <meta name='ROBOTS' content='INDEX, FOLLOW'>.

    Salam!

    BalasHapus
  27. keren nih infonya... selain cantik tenyata juga pintar. salut deh... Tipsnya dijiplak yah.he he... Salam kenal...

    BalasHapus
  28. Thx info nya.. Segera di praktekkan.

    BalasHapus
  29. Makasih banget gan atas infonya

    BalasHapus
  30. wah.. makasih nih, infonya... hehe

    lanjut gan.

    BalasHapus
  31. mantap bgt.

    http://www.mig33-tools-kicker.co.cc/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.