14 Jul 2011

Mendidik melalui sikap dan tutur kata

Sebagai orang tua memang sudah pasti akan menjadi panutan atau contoh bagi anak dalam mendidik nya, dimana banyak orang mengatakan bahwa prilaku anak adalah cerminan dari prilaku orang tua, kita ambil contoh kecil disaat kita menemukan seorang anak yang bisa dikatakan nakal maka kita pun akan berkata "Anak siapa sih kamu..??apa itu yang diajarkan orang tua mu pada kamu..?" anda sering mendengar ucapan tersebut..?? atau bahkan ada pernah mengucapkan nya..? dan apa benar kalimat tersebut..?bahwa prilaku anak adalah cerminan orang tua dalam mendidik anak..?

Ketika seorang psikolog anak memberikan masukan kepada orang tua tentang bagaimana mendidik anak melalui sikap dan tutur kata, seorang psikolog mengatakan "Ketika orang tua melakukan sebuah kesalahan, orang tua pun perlu meminta maaf kepada sang anak. Dan ketika orang tua marah janganlah bersikap kasar, orang tua cukup berkata tegas dan ambil sikap persuasif kepada anak." Tutur kata dan pengucapan kalimat dengan intonasi tinggi memang akan memberikan cerminan buruk bagi anak kita, dimana secara tidak langsung anak akan mencontoh bagaimana kita sebagai orang tuanya.

Beberapa masukan bagi anda disaat mengalami hal sulit untuk memutuskan untuk menyelesaikan masalah dengan anak anda adalah emotional control hal ini adalah point terpenting bagi kita untuk mencegah anak mengalami depresi, menggunakan nada tinggi sebatas kalimat dimana anda menegaskan kepada sang anak untuk dapat merubah sikap, jadilah responsif dan bukan menjadi reaktif, dan cobalah untuk bersikap tenang dalam bertutur kata.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.