25 Mar 2009

Kejiwaan dan emosional

Setiap manusia tidak pernah terlepas dari masalah dimana tidak sedikit diantara kita timbul sifat emosional yang mengakibatkan seseorang lepas control. Beberapa psikolog mengatakan tingginya sifat emosional seseorang mencerminkan pribadi masing-masing orang, dimana psikis dari orang tersebut cenderung labil atau terganggu, dan mungkin hal ini terjadi pada diri kita masing-masing.

Emosi memang merupakan sebuah gejala normal dimana seseorang yang mendapatkan preasure atau tekanan yang memungkinkan orang tersebut tidak mampu menahannya, hingga timbulnya amarah. Proses berfikir seseorang dalam menghadapi sebuah masalah yang tidak mampu menemukan jalan keluar kerap kali mengalami kejenuhan, sehingga rasa sabar atau kepala dingin tidak dapat lagi mengkontrol setiap beban yang ada, sehingga tidak sedikit diantaranya mampu menimbulkan kontak fisik, baik dengan orang lain ataupun pada diri kita sendiri.

Kita mungkin tau bahwa sifat tersebut merupakan sebuah prilaku yang baik, dimana yang mungkin akan memberikan dampak buruk bagi diri kita, terlebih jika kita sedang berada dalam ruang lingkup pekerjaan dimana emotional control sangat dibutuhkan dalam menghadapi setiap tugas atau pekerjaan yang kita terima, lalu bagaimana cara untuk dapat mengkontrol emosi pada diri kita? Langkah untuk mengatasi sifat emosional pada diri kita memang bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat dalam proses nya.

Ketenangan jiwa yang dipadukan dengan proses pemikiran dengan kepala dingin merupakan solusi terbesar bagi orang yang memiliki masalah dengan emosional, dimana kedua hal tersebut akan memberikan control pada diri kita, karna setiap pemecahan masalah dengan kepala dingin akan mampu membuahkan sebuah kepuasan pada diri kita. Mulai sekarang cobalah bagi anda untuk menghilangkan hal tersebut.

6 komentar:

  1. wah klo sy klo lg stress atau dlm tekanan malah makin byk makan :)

    BalasHapus
  2. saya lg belajar & terus blajar soal kontrol emosi ini buk secara aku keturunan orang yg gampang emosian...

    BalasHapus
  3. Hmmm iya juga mas.. untuk memperoleh ketenangan sulit juga kalo lagi emosi..

    Oiya mas.. ada sesuatu di blog saya buat mas..

    BalasHapus
  4. posting di atas belum cukup solusif buat saya; mungkin karena tekanannya sdg berat sekali yaahhh

    BalasHapus
  5. Bener bangets mbak mengendalikan emosi itu memang penting. :)

    BalasHapus
  6. yang sabar ya mbak :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.