31 Mar 2009

Cegah bahaya penyakit diare

Cairan pada tubuh memang menjadi bagian penting untuk kehidupan manusia, dimana tubuh kita mengandung air sebanyak 60% yang tentunya anda mengetahui akan hal ini. Kekurangan cairan pada tubuh manusia bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, yang salah satunya adalah daire, dimana penyakit ini ditimbulkan akibat konsumsi makanan dan minuman yang tidak steril pada saat dikonsumsi didalam tubuh anda, sehingga saluran pencernaan kita akan tercemar oleh bakteri atau kuman yang berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Mungkin beberapa dari anda akan menganggap remeh apabila terjangkit penyakit diare, dimana tanpa kita sadari penyakit diare ini secara perlahan akan mengambil cairan dari dalam tubuh, sehingga beberapa diantaranya kerap kali cenderung mengalami dehidrasi. Berdasarkan hasil penelitian memang sebagian besar masyarakat yang mengalami penyakit diare ini hampir sebagian dialami oleh kalangan menengah kebawah, dimana hampir diantaranya kurangnya memperhatikan kebersihan dari setiap makanan yang dikonsumsi.

Dampak yang akan ditimbulkan dari penyakit diare adalah buang air besar dalam bentuk cair dengan jeda hingga berulang kali, sehingga tidak sedikit bagi para penderita akan merasakan rasa letih dan lemas pada tubuh, dan apabila penderita tidak sesegera mungkin mendapatkan penanganan dari dokter akan merenggut nyawa penderita. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengobati agar tidak terjangkit penyakit diare? Mungkin bagi anda saya rasa tidak akan mendapatkan kesulitan untuk memilih obat untuk mengobati diare, namun orang tua saya pernah memberikan saya cara pengobatan tradisonal dengan menggunakan daun jambu muda dengan memakannya mentah, yang mungkin akan sedikit terasa aneh pada saat anda menguyah didalam mulut anda, namun hal tersebut terbukti mampu untuk mengobati.

Beberapa langkah untuk mencegah agar tidak terjangkit penyakit diare mungkin bisa anda terapkan dari beberapa hal dibawah ini:
  • Mencuci tangan anda dengan sabun sebelum makan.
  • Mencuci buah dan sayuran sebelum anda konsumsi.
  • Hindari mengkonsumsi makanan sembarangan yang tidak jelas kebersihan nya.
  • Masak air hingga mendidih, sebelum anda konsumsi.
Dengan anda melakukan pencegahan diatas, berarti anda tidak perlu khawatir terjangkit penyakit diare. Mulai sekarang terapkan hal tersebut untuk keluarga anda, cegah penyakit diare mulai dari sekarang.

20 komentar:

  1. diare adalah penyakit yang sangat menyebalkan, menurutku penyebab yang paling sering dalah bila pencernaan memang sensitif dan jajanan atau buah2an iris di pinggir jalan yang ga jelas kebersihannya.

    ga banget deh diare... no no no..

    BalasHapus
  2. info uyang menarik, tipsnya bisa di praktekkan.

    BalasHapus
  3. ok makasih infonya, tapi alexa rank mas udah bagu lho 100ribuan...

    BalasHapus
  4. ,ih....kirain tadi postingannya ttg ditemukannya mayat korban diare berkepanjangan.....

    ,ternyata........

    BalasHapus
  5. huhuhuuu...
    saya bukan diare sih, tapi sering gampang lapar, itu kenapa yaks ??

    BalasHapus
  6. biasanya yang kena diare itu orang yang jorok ya mba..


    lapor...casual cutie ambil award nya...

    BalasHapus
  7. ngetik dengan satu jari.... tangan yang laen sedang megangi perut karena sakit banget...

    BalasHapus
  8. Kalau udah kena Diare wah badan lsng lemes..
    Makasih banget infonya :)

    BalasHapus
  9. obat tradisional warisan leluhur ini agaknya sungguh cocok utk obat diare, mbak. orang tua saya dulu juga pernah menyarankan begitu. tak ada efek sampingnya.

    BalasHapus
  10. alhamdulillah...saya orang yg jarang kena penyakit,,,,intinya penyakit apapun insya Allah bs dicegah dg car hidup yg sehat

    BalasHapus
  11. duch,.. untuk w ga suka diare,.. pling juga muntaber,.. heheheehehe

    BalasHapus
  12. wahh enak nihh tipsnya jadi gak usah mondar mandir lagi ke wc

    BalasHapus
  13. Satu lagi..., jangan minum obat tertentu pake media susu.... :-)

    BalasHapus
  14. diare tu kudu cepet diobati d kalo dah kena, paling bagus si mencegah...tapi kalo dah kena diare, cepet minum obat, trus minum nya dibanyakin, biar ga kekurangan cairan tubuh d...

    BalasHapus
  15. kan ada tuh yang buat obat ... langsung stoppp !!! .. jangan sampek dah, kesiksa

    BalasHapus
  16. Hmmmm bener juga harus distop.. kalo gak dah kayak yang digambar.. hwehehehehehe

    BalasHapus
  17. boleh juga tuh resep tradisional daun jambu muda yang dimakan mentah..bisa dicoba nih :)

    BalasHapus
  18. tuch makan daun jambu ap nich....???

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.