5 Des 2008

Makanan Sehat dan Otak Anak

Struktur perkembangan otak anak semenjak didalam kandungan memang harus kita perhatikan, terlebih kandungan yang ada dalam makanan tersebut, apakah sudah mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan untuk anak tersebut? Dalam hal ini ada baiknya bagi anda para ibu yang sedang mengandung memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh anda dan bayi yang sedang didalam kandungan, lalu apakah makanan sehat dapat berpengaruh pada otak anak? jawabannya tentu saja iya.

Pertumbuhan anak semenjak dini memang akan mempengaruhi daya berfikir anak tersebut, karna ketika sang anak memasuki tahun kedua perkembangan otak akan mulai tumbuh dan berkembang, dimana anak tersebut mulai mengelompokkan dan mengenal segala sesuatunya, baik benda atau pengenalan terhadap sesuatu yang ada disekitarnya, sehingga kerap kali anak tersebut memiliki pola berfikir yang harafiah pada apa yang dia lihat disekitarnya

Salah satu unsur gizi yang sangat berguna yang dibutuhkan untuk perkembangan otak adalah protein, mineral, vitamin, dan karbohidrat. Keempat unsur tersebut memang sangat berperan penting dalam proses pembentukan sel-sel otak sehingga mampu membuat anak tersebut menjadi cerdas, tanpa harus terhasut oleh iklan-iklan sebuah produk, nutrisi yang dibutuhkan untuk otak anak akan tercukupi dengan keempat unsur tersebut, dalam hal ini bukan berarti susu tidak memiliki peranan penting dalam pertumbuhan, akan tetapi susu yang mengandung AA dan DHA bisa anda gunakan sebagai alternatif apabila anak tersebut sulit dalammengkonsumsi makanan, dan tentunya anda sudah tau apa jenis makanan sehat yang baik untuk pertumbuhan anak anda..

Beberapa jenis makanan sehat yang sangat dianjurkan oleh para ahli gizi yang memepengaruhi perkembangan otak anak antara lain; Telur, Gandum, Daging, Sayur-sayuran, Sereal, dan buah-buahan (Dikutip dari: Children’s Nutrition Research Center). Untuk konsumsi daging ada baiknya anda batasi setiap harinya untuk mencegah obesitas, dan ada baiknya apabila anda menghindari konsumsi jajan sembarangan untuk anak anda. Jadi mulai sekarang marilah kita perhatikan nutrisi dalam makanan yang terkandung sehingga dapat bermanfaat bagi otak anak kita.

12 komentar:

  1. Seringkali membaca artikel seperti ini saya diingatkan kembali dengan perkembangan anak saya yang masih berusia 7 bulan.
    Begitu pentingnya memperhatikan makanan sehat yang menunjang daya otak anak.
    Makasih banyak pencerahannya.

    BalasHapus
  2. artikelnya bermanfaat banget..
    lam kenal ya :D

    BalasHapus
  3. Saya dulu sudah diberi cukup makanan sehat tidak ya? :?

    Semua makanan yg disebutkan di atas adalah favorit saya. Hikss.. Jadi laperr.. Nah loh? :O

    BalasHapus
  4. Biar anak jadi kreatif kira-kira di kasih makan apa ya? :D

    BalasHapus
  5. Owh begitu ya, jadi modal saya nih bila saya berkeluarga kelak...:))

    BalasHapus
  6. wah mantap ini, buat nanti kalau udah punya anak

    BalasHapus
  7. :)) semua makanannya menyehatkan

    BalasHapus
  8. akhir2 ini keseringan makan telur nih...bagus ga ya?

    BalasHapus
  9. @yopan priyadi: trima kasih mas yopan
    @oentoe : sama" mas
    @hell-da: coba mba tanyakan ke orang tua mba :P
    @taktiku: kalo kreatif tergantung kita bagaimana mendidik anak tersebut mas, 4 unsur diatas hanya untuk membantu perkembangan otak bagi anak :)
    @orangndut: silahkan mas
    @syamsu: semoga bermanfaat mas
    @reza: tentunya bukanlah rahasia lagi yah mas reza
    @tony: ada baiknya jika kita batasi konsumsi telur mas :)

    BalasHapus
  10. tiba2 saja saya jadi inget istilah "the lost generation", mbak. rendahnya daya beli masyarakat terhadap makanan yang bernutrisi tinggi agaknya sangat memengaruhi rata2 perkembangan otak generasi sekarang mengalami penurunan. kalau tak secepatnya teratas, mungkin negeri kita bener2 akan kehilangan generasi masa depan yang cerdas.

    BalasHapus
  11. wah keren nih artikelnya. sy bookmark mba

    BalasHapus
  12. i have been click on your ads..
    please click on my ads

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.