14 Des 2008

Bahaya Virus Toxoplasma pada ibu hamil

Virus Toxoplasma adalah firus yang proses penyebarannya melalui bulu binatang kesayangan anda, seperti kucing, anjing, dan lain sebagainya, atau juga bisa disebabkan karna makanan yang tercemar oleh tinja binatang peliharaan anda.

Beberapa ibu yang sedang hamil sering kali kurangnya mengetahui bahaya Virus Toxoplasma yang bisa menggangu bayi dalam kandungan tersebut. Proses penyebaran ini dikarenakan oleh bulu atau makanan yang tercemar tinja dari binatang peliharaan, yang menyebabkan Toxoplasmosis atau dalam dunia kedokteran adalah sebuah infeksi yang disebabkan oleh parasit toxoplasma yang menyerang jaringan syaraf.

Dampak yang diakibatkan dari virus tersebut memang cukup memberikan dampak pada bayi yang ada dalam kandungan, dalam hal ini memang sang ibu tidak merasakan dari efek virus tersebut melainkan akan dirasakan pada saat bayi tersebut lahir. Beberapa bayi yang mengidap virus tersebut akan mengalami beberapa gangguan pada pendengaran, pernafasan, gangguan hati, penglihatan bahkan hal terburuk bisa mengalami kebutaan, dan menyebabkan cacat bawaan disaat dalam kandungan.

Dalam proses gangguan syaraf akibat virus toxoplasma tersebut akan nampak pada bayi setelah beberapa bulan atau beberapa tahun, meskipun beberapa diantaranya bayi yang terjangkit parasit tersebut lahir tanpa mengalami gangguan dalam arti lain 90% bayi yang terinfeksi lahir dengan normal dan 10% mengalami kuguguran akibat virus tersebut. Beberapa dokter kandungan pun menyarankan kepada para ibu hamil yang memelihara bintang seperti kucing atau anjing untuk melakukan pemeriksaan USG, untuk mencegah hal tersebut pada bayi dan jika indikasi tersebut ada pada hasil tes tersebut saat ini para dokter menyarankan untuk melakukan suntik untuk mengatasi virus dari parasit tersebut, meskipun biaya yang harus kita keluarkan untuk melakukan pencegahan tersebut cukup mengocek kantong kita.

Virus toxoplasma ini memang bukan hanya menyerang bayi, melainkan baik pria atau wanita dewasa juga dapat terjangkit penyakit dari parasit tersebut. Jika anda mengerti dampak dari penyakit tersebut ada baiknya jika anda sedang hamil atau mengandung untuk menghindari binatang peliharaan anda sejauh mungkin dan cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat.

18 komentar:

  1. temen saya beberapa tahun lalu ada yang kena. kasihan sekali, setelah lahir, pertumbuhan anaknya jadi terganggu

    BalasHapus
  2. :( perlu di copy, boleh saya print ya ? soalnya mau saya tunjukan ke teman saya .. dia lagi mengandung anak yang pertama nie ..

    BalasHapus
  3. wah, ternyata bahaya juga ya menyayangi binatang saat perempuan sedang hamil. duh, ada teman satu sekolah yang demikian lengket sama kucingnya. semoga saja saat mengandung bisa sejenak melupakannya. ada baiknya postingan ini saya copy ya, mbak, terus saya print utk saya tunjukkan pada temenku itu. boleh, kan, mbak?

    BalasHapus
  4. saya akan sangat senang apabila apa yg saya tulis dsini bisa bermanfaat bagi banyak orang mas.

    BalasHapus
  5. mmm iyaah ni, sering denger, ada ibu2 yang keguguran gara2 seneng banget ama kucing, dan ternyata kena toxo....duuh serem juga yaaah..

    BalasHapus
  6. makasih infonya nih bu.. sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  7. Ilmu yang bermanfaat. Mungkin tidak bagi saya, tapi bagi orang di sekeliling saya.
    Makasih, sukses selalu buat Harianku.

    BalasHapus
  8. Maaf banget mbak waktu ngasih komen lg gak konsen.. Hehehe..

    BalasHapus
  9. ada tambahan virus setelah ibu hamil yaitu virus kanker " Kantong Kering " karena banyak mengeluarkan uang ::))

    BalasHapus
  10. repot juga yah jagain orang hamil... :D

    BalasHapus
  11. emang kedengarannya serem juga..sampai berakibat cacat fisik ya...

    BalasHapus
  12. ada yang bilang kalo virus toxoplasma tidak hanya berasal dari hewan peliharaan saja ya? :?
    kalo nggak salah makanan mentah yang tidak dicuci bisa juga menjadi sumber parasit tersebut. cmiiw

    BalasHapus
  13. untung sy ga pelihara binatang mba. apalagi kucing, virus nya paling berbahaya. :O

    BalasHapus
  14. wah seru nih artikelnya..
    lam kenal

    BalasHapus
  15. Saya skrg sdg hamil 1 bln dan sblm saya tau saya hamil saya srg contact dgn anjing saya
    apakah itu berpengaruh pd janin saya???
    tp skrg anjing2 saya ud di taruh halaman belakang
    awal nya mrk tinggal di dlm rmh.
    gmn menurut pendapat anda?
    saya hrs gmn?krn saya kepikiran trs!!!

    BalasHapus
  16. Untungnya sudah ada penelitian dari Amerika, dengan mengundang peneliti-peneliti lebih dari 60 negara di dunia yang menghasilkan molekul ajaib yaitu TRANSFER FACTOR, yang mampu membunuh parasit-parasit di dalam tubuh kita tanpa adanya efek samping. keampuhan Transfer Factor sudah diakui di lebih dari 60 negara dan dimasukkan ke dalam Buku Rujukan Dokter di Amerika (PDR) dan disahkan penggunaannya di semua Rumah sakit dan Klinik di Rusia. Transfer factor mampu membunuh Toxoplasma.

    www.thetransferfactorindonesia.com

    www.4life.com

    BalasHapus
  17. aduh,,gmana y mbak..
    kyaknya susah bget bwt saya menghindari si bunny ku yg lucu. .
    sbelum hamil saya memang tidak terlalu suka sama kucing,,tapi setelah hamil saya jatuh cinta setengah mati ama kucing .
    gimana donk mbak?
    pernah suatu hari suami saya coba membuang kucing kesayangan saya..mgkn maksud dia untuk kebaikan janin,,tapi saya langsung mengamuk dan menangis tiada henti seharian..
    saya langsung minta dibelikan kucing baru saat itu.oh y umur kehamilan saya sekarang udah 6bulan neh..gmana ya solusi yg terbaik tanpa harus menjauhkan saya dari bunny??^_^

    BalasHapus
  18. akibat buruk bagi calon sang bayi ap???

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.