5 Nov 2008

Kiat menghadapi anak

Beberapa para ibu rumah tangga sering kali mengeluh dalam hal ini, termasuk para PRT (Pembantu Rumah Tangga) yang kerap kali dihadapi dengan permasalahan anak yang sangat sulit diatur, mulai dari makan, mandi, dan belajar. Memang bukanlah hal yang mudah didalam mendidik seorang anak untuk dapat patuh kepada setiap orang tua, dalam hal ini bukan berarti kekerasan merupakan salah satu solusi didalam mengatasi prilaku anak yang kurang baik.

Beberapa para psikolog anak memaparkan bahwa:

anak yang kerapa kali mendapatkan perlakuan kasar dari orang tua, akan sangat mempengaruhi mental dari anak tersebut, dimana kemungkinan besar akan menjadi sesuatu beban yang mengakibatkan anak tersebut trauma dan mungkin akan berdampak fatal bagi kejiwaannya.

Tentunya anda sebagai orang tua tidak menginginkan hal tersebut menimpa pada anak anda, lalu bagaimana cara yang baik didalam menyikapi prilaku seorang anak.

Dibawah ini sedikit tips untuk para orang tua didalam mendidik anak:

+>Hindari kontak fisik didalam memberikan nasihat kepada anak anda, sebab dalam hal ini kerap kali terjadi pada para orang tua yang sulit menahan emosi, sehingga anak yang menjadi korban pelakuan.
+>Berikanlah jadwal teratur untuk anak didalam menjalankan kegiatan aktifitas setiap harinya, mulai dari makan, mandi, belajar, dan tidur.
+>Berikanlah sedikit waktu luang anda untuk bermain dan berkumpul bersama anggota keluarga lainnya, sehingga anak dapat merasakan perhatian dari orang tua.
+>Jangan terlalu sering memanjakan anak dengan memberikan materi yang berlebihan, sebab akan mempengaruhi anak tersebut akan menjadi manja.
+>Berikan sikap dan prilaku yang baik agar dapat menjadi contoh bagi anak tersebut didalam berprilaku.

Beberapa aspek diatas mungkin dapat menjadi pedoman bagi para orang tua didalam mendidik anak, dan yang paling terpenting adalah tanamkanlah rasa sayang pada anak tersebut baik dalam segala situasi apapun.

2 komentar:

  1. seringkali kita harus belajar pada anak.
    bahwa anak pun, bisa mengajari bagaimana kita belajar menjadi orang tua yang baik, sekaligus menguji kita sebagai orang tua mereka.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.