Mengatasi Masalah Wanita

AvatarKecantikan, Kesehatan, Keluarga, Fashion, Karir dan Cinta

Obesitas Pada Anak

Obesitas atau kegemukan memang akan sangat disukai oleh para orang tua, beberapa beranggapan bahwa anak tersebut berati sehat dan tidak kekurangan gizi, mungkin bagi beberapa orang juga akan mengatakan akan memberikan kesan imut dan lucu jika anak memiliki badan yang gemuk, hal ini mungkin akan terjadi disaat anak menginjak umur 2-3 tahun? lalu bagaimana jika anak tersebut mulai beranjak dewasa? Dalam hal ini bukan berarti obesitas pada anak adalah suatu hal yang baik, mengapa demikian?

Faktor psikologis mungkin akan dirasakan pada anak yang mengalami obesitas disaat anak tersebut mulai menginjak bangku sekolah, dimana faktor psikososial akan mempengaruhi anak tersebut dikarenakan fisik atau bentuk tubuh yang gemuk seperti diskriminasi dari teman sekitar dan mungkin hal terburuk yang akan terjadi adalah depresi pada anak tersebut.

Memang obesitas akan cenderung memperlambat pertumbuh kembangan anak dalam belajar duduk dan berjalan yang dikarenakan perkembangan anak yang tidak normal dikarenakan kaki bayi tidak mampu menopang berat badan anak tersebut, sehingga apabila berat badan pada anak atau obesitas tidak diatasi semenjak dini, mungkin akan berlanjut hingga anak tersebut menginjak dewasa.

Mungkin disaat sang ibu melahirkan akan sangat merasakan sekali jika anak tersebut akan mengalami obesitas, mulai dari berat kandungan yang tidak biasa, dan juga menyebabkan sang ibu akan cepat lelah dalam menjalani aktifitas. Obesitas memang akan memiliki dampak terhadap pertumbuhan anak dan berpotensi akan mengidap penyakit yang antara lain :
  • Hypertensi
  • Pertumubuhan fisik yang lebih cepat dan usia tulang yang akan lebih lanjut dibanding usia biologi nya.
  • Gangguan pernafasan seperti sesak nafas, tidur mendengkur, dan cenderung mengantuk disaat siang hari.
  • Gangguan endokirn
Dalam mengatasi obesitas pada anak mungkin tidak akan terlalu sulit apabila anda menerapkan nya semenjak dini seperti: berolah raga, mengatur keseimbangan nutrisi yang akan dicerna oleh anak seperti sayur-sayuran dan buah-buahan terlebih lagi ada baiknya jika anda menghindari komposisi makanan yang mengandung lemak seperti daging.


Berlangganan artikel Harianku.com gratis lewat e-mail anda: Klik disini untuk berlangganan!

17 komentar:

December 30, 2008 at 3:26 PM Taktiku said...

Kalau pada usia 4-5 tahun sih masih keliatan lucu ya mbak, tapi kalau udah remaja atau usia dewasa, jadi gimana... gitu :D

December 30, 2008 at 4:08 PM ono said...

Ponakan dulu juga lucu banget sewaktu badannya gemuk dengan pipi seperti kue apem dan bikin gemes. Tetapi sekarang setelah memasuki sekolah TK jadi lebih ramping.

Informasinya sangat bagus buat orang tua nih.

December 30, 2008 at 4:18 PM anderwedz said...

Keponakan ku juga sering sesak napasnya....
kasihan klo ta' ajak lari"...

December 30, 2008 at 4:54 PM munawar am said...

anakku 2, laki-laki. alhamdulillah sampai sekarang tidak kena obesitas; maklum, gen - nya juga kurusitas (apa sih istilahnya untuk kekurusan?). Pola makannya juga relatif terjaga; jajannya yang minta ammpyunnn dech...
Selamat Tahun Baru...2009

December 30, 2008 at 6:10 PM Bajak Laut said...

Aduh saya malah ditakdirkan sebaliknya :o

December 30, 2008 at 10:43 PM hendra said...

klau saya kelebihan gizi, mpe badanku, gendut banget, hwehe.

December 31, 2008 at 5:14 AM Afif said...

Temen tambah ada yang sampai sunatnya pake bedah segala...

December 31, 2008 at 5:44 AM manggIs... said...

Makan sayuran pada anak...nah itulah susahnya...kyk mau ngasi racun aja lho....

Anakku dulu waktu bayinya sih kyknya obesitas yaa...tapi pas setelah disapih dari ASI...balik normal lagi....

December 31, 2008 at 7:49 AM zee said...

kalo kata dokter, ibu-ibu di Indonesia ini lucu, waktu anaknya kecil, pengen digemukin, eh begitu anaknya da gede, minta dikurusin...
kekekee...

**anakku makannya banyak tp kurus, hiks.. sedih..

December 31, 2008 at 8:33 AM Info-info said...

anak sepupuku masih kelas 1 SD beratnya sudah 40 kg, cewek, kasian sering diejek ma temen2 sekolahnya...ya ini salah satu efeknya juga, anaknya jadi sedikit minder padahal masih kecil, apalagi kalau nanti tambah dewasa.
awal kegemukannya karena pola makannya yang berlebihan.

December 31, 2008 at 7:53 PM sawali tuhusetya said...

alhamdulillah, ketiga anak saya tdk ada yang mengalami gejala obestitas, mbak. tips yang bagus dan bermanfaat, mbak. yaps, selamat menyambut tahun baru, semoga makin tambah sukses.

January 1, 2009 at 1:23 PM Iklan Baris Gratis said...

Emang sebaiknya dari kecil dah nggak dibiasakan makan kebanyakan sampai gemuk, soalnya kalau terbawa sampai besar, kasihan bisa minder dan sulit nurunkannya!

Met Tahun Baru!

January 2, 2009 at 7:33 AM the fachia said...

selamat tahun baru... :D

January 2, 2009 at 7:34 AM admin said...

emang kadang orang tua hanya mikir yang penting sang anak doyan makan tanpa memikirkan berat badan mereka.. :)

January 2, 2009 at 10:47 AM Eljaholic said...

Gw juga obesitas ni :D

January 2, 2009 at 9:51 PM mrpall said...

infonya bagus mba thanks......met taon baruuuuu yah

January 3, 2009 at 8:47 PM Indonesian Reality Show said...

thanks infonya pak,,, selamat tahun baruuuuu

Post a Comment