3 Feb 2009

Rokok jembatan mengenal narkoba

Beberapa para orang tua cenderung khawatir dengan pergaulan bebas anak remaja disaat sekarang ini, terlebih bagi anak yang mulai mencoba mengenal rokok tidak terkecuali pria ataupun wanita. Mungkin kita sudah mengetahui apa dampak dari bahaya rokok, yang hampir mayoritas 85% dari kaum laki-laki adalah perokok aktif, akan tetapi bukan hanya itu.., seiring dengan perkembangan jaman disaat ini membuat kaum wanita pun mulai menghisap rokok dengan alasan untuk menghilangkan stress dan kejenuhan? apa betulkan demikian?

Hampir 95% hasil jawaban bagi para perokok aktif mungkin akan sama dengan hal yang saya ungkapkan diatas, lalu bagaimana dengan para pengguna narkoba sekarang ini? apa sebenarnya penyebab atau awal mulanya seseorang mulai mengenal narkoba? apa betul rokok yang menyebabkan semua itu? awal mula mungkin beberapa remaja mulai mengenal rokok dikarenakan pergaulan dan lingkungan baik dirumah atau pun disekolah, yang hanya sekedar mencoba-coba dan hingga kini kecanduan rokok dan sulit untuk menghentikannya, hingga suatu saat mengenal ganja yang diakui mampu memberikan ketenangan jika menggunakan narkoba tersebut.

Tidak saya pungkiri hingga kini jumlah remaja yang awal mulanya hanya mencoba-coba menggunakan rokok, lalu terjerumus dan tergoda menggunakan ganja hampir berkisar 90%, dimana yang sebagian besar mayoritas adalah kaum pria. Lalu jika sudah mengenal ganja apakah remaja tersebut akan tergoda untuk menggunakan narkoba jenis lainnya seperti sabu-sabu, morfin? Memang dalam hal ini bimbingan orang tua dan pihak sekolah akan sangat bermanfaat dalam memberikan pengarahan tentang bahaya penggunaan narkoba tersebut, yang hingga kini sudah memakan banyak nyawa dikalangan remaja.

Memang akhir-akhir ini Badan Narkotika Nasional (BNN) menggalakan penyuluhan dan konsultasi tentang narkoba ke beberapa sekolah-sekolah yang cenderung menjadi sasaran para bandar narkoba, agar para siswa mampu menyadari akan dampak buruk dari narkoba. Jika kita berfikir lebih jauh lagi, jika seorang anak sudah mengenal narkoba, apakah ini kesalahan orang tua? atau kesalahan dari pihak sekolah? memang kita tidak bisa menyalahkan kedua pihak tersebut, dimana faktor lingkungan yang sebenarnya mempengaruhi semua hal tersebut.

Marilah kita bersama-sama memberantas narkoba yang mampu merusak generasi penerus bangsa, laporkan kepada aparat setempat jika anda mengetahui ada transaksi jual beli narkoba dilingkungan anda, yang mungkin akan bermanfaat dan berguna bagi masa depan anak anda.

22 komentar:

  1. Yuk kita ramaikan kontes kampanye pemilunya :D

    BalasHapus
  2. Meskipun saya perokok, tapi saya bebas Narkoba :D

    BalasHapus
  3. ngeblog yes !
    narkoba no !
    :)

    BalasHapus
  4. untung sy ga ngerokok dan ga kecanduan narkoba...

    BalasHapus
  5. Soal "merokok" menjadi dilema.
    Oya, biasanya tahapnya memang spt itu, rokok dulu baru narkotika.
    ;)

    BalasHapus
  6. selama ini saya hindari agar tidak merokok apalagi narkoba :D

    BalasHapus
  7. wah saya juga nge-rokok nih.., tp alhamdulillah ga kenal dengan yang namanya narkoba.. :D

    BalasHapus
  8. iya, sepakat banget, mbak. fenomena remaja yang merokok memang sangat rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. perlu keterlibatan semua pihak utk menyelamatkan generasi masa depan negeri ini dari segala macam dampak "serbuk setan" itu!

    BalasHapus
  9. wah, saya anti bgt sama rokok, tapi punya body tetep aja krempeng :))

    BalasHapus
  10. untung setelah menikah, saya memegang prinsip: HINDARI dan jangan lakukan hal yang tidak (atau kurang) berguna. termasuk merokok.
    alhamdulillah, sekarang bebas rokok dech. :) (thanks utk ucapan dan doa-nya buat istriku ya. )

    BalasHapus
  11. ada beberapa faktor lain selain rokok

    1. pergaulan
    2. rasa ingin tau atau penasaran
    3. kurangnya pengetahuan tentang Narkoba

    BalasHapus
  12. smg bisa lebih memperhitungkan mana yg mubadzir mn yg berguna

    BalasHapus
  13. saya dulu pernah merokok tapi sekarang udah berhenti....
    saya ikut mendukung gerakan anti narkoba

    BalasHapus
  14. saya juga perokok, tapi paling tidak seneng lihat anak-anak pake seragam SMP yang "ahli hisap".

    BalasHapus
  15. ga selalu sih, tapi sepertinya memang iya(dapat)menjurus ke narkoba

    BalasHapus
  16. bapak-bapak penyuluh dari BNN pada ngerokok apa tidak yaahhhh? yang perlu didahulukan pemberantasan narkobanya apa pengharaman merokoknya? Bingung sayahhh

    BalasHapus
  17. Pokoknya say no to drugs deh....! :)

    BalasHapus
  18. << anti rokok tapi mau kalo dikasi :P
    tapi tetep say no 2 drugs

    BalasHapus
  19. untung saya ga ngerokok :)

    BalasHapus
  20. Logika yang wajar dan masuk akal kalo merokok merupakan langkah awal menuju ke narkoba. Tapi btw saya masih merokok dan udah bersih dari narkoba lho...
    ;)

    BalasHapus
  21. Untung saya nggak perokok...:D

    BalasHapus
  22. setuju ma yg say no to drugs aja..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.