30 Des 2008

Obesitas Pada Anak

Obesitas atau kegemukan memang akan sangat disukai oleh para orang tua, beberapa beranggapan bahwa anak tersebut berati sehat dan tidak kekurangan gizi, mungkin bagi beberapa orang juga akan mengatakan akan memberikan kesan imut dan lucu jika anak memiliki badan yang gemuk, hal ini mungkin akan terjadi disaat anak menginjak umur 2-3 tahun? lalu bagaimana jika anak tersebut mulai beranjak dewasa? Dalam hal ini bukan berarti obesitas pada anak adalah suatu hal yang baik, mengapa demikian?

Faktor psikologis mungkin akan dirasakan pada anak yang mengalami obesitas disaat anak tersebut mulai menginjak bangku sekolah, dimana faktor psikososial akan mempengaruhi anak tersebut dikarenakan fisik atau bentuk tubuh yang gemuk seperti diskriminasi dari teman sekitar dan mungkin hal terburuk yang akan terjadi adalah depresi pada anak tersebut.

Memang obesitas akan cenderung memperlambat pertumbuh kembangan anak dalam belajar duduk dan berjalan yang dikarenakan perkembangan anak yang tidak normal dikarenakan kaki bayi tidak mampu menopang berat badan anak tersebut, sehingga apabila berat badan pada anak atau obesitas tidak diatasi semenjak dini, mungkin akan berlanjut hingga anak tersebut menginjak dewasa.

Mungkin disaat sang ibu melahirkan akan sangat merasakan sekali jika anak tersebut akan mengalami obesitas, mulai dari berat kandungan yang tidak biasa, dan juga menyebabkan sang ibu akan cepat lelah dalam menjalani aktifitas. Obesitas memang akan memiliki dampak terhadap pertumbuhan anak dan berpotensi akan mengidap penyakit yang antara lain :
  • Hypertensi
  • Pertumubuhan fisik yang lebih cepat dan usia tulang yang akan lebih lanjut dibanding usia biologi nya.
  • Gangguan pernafasan seperti sesak nafas, tidur mendengkur, dan cenderung mengantuk disaat siang hari.
  • Gangguan endokirn
Dalam mengatasi obesitas pada anak mungkin tidak akan terlalu sulit apabila anda menerapkan nya semenjak dini seperti: berolah raga, mengatur keseimbangan nutrisi yang akan dicerna oleh anak seperti sayur-sayuran dan buah-buahan terlebih lagi ada baiknya jika anda menghindari komposisi makanan yang mengandung lemak seperti daging.

17 komentar:

  1. Kalau pada usia 4-5 tahun sih masih keliatan lucu ya mbak, tapi kalau udah remaja atau usia dewasa, jadi gimana... gitu :D

    BalasHapus
  2. Ponakan dulu juga lucu banget sewaktu badannya gemuk dengan pipi seperti kue apem dan bikin gemes. Tetapi sekarang setelah memasuki sekolah TK jadi lebih ramping.

    Informasinya sangat bagus buat orang tua nih.

    BalasHapus
  3. Keponakan ku juga sering sesak napasnya....
    kasihan klo ta' ajak lari"...

    BalasHapus
  4. anakku 2, laki-laki. alhamdulillah sampai sekarang tidak kena obesitas; maklum, gen - nya juga kurusitas (apa sih istilahnya untuk kekurusan?). Pola makannya juga relatif terjaga; jajannya yang minta ammpyunnn dech...
    Selamat Tahun Baru...2009

    BalasHapus
  5. Aduh saya malah ditakdirkan sebaliknya :o

    BalasHapus
  6. klau saya kelebihan gizi, mpe badanku, gendut banget, hwehe.

    BalasHapus
  7. Temen tambah ada yang sampai sunatnya pake bedah segala...

    BalasHapus
  8. Makan sayuran pada anak...nah itulah susahnya...kyk mau ngasi racun aja lho....

    Anakku dulu waktu bayinya sih kyknya obesitas yaa...tapi pas setelah disapih dari ASI...balik normal lagi....

    BalasHapus
  9. kalo kata dokter, ibu-ibu di Indonesia ini lucu, waktu anaknya kecil, pengen digemukin, eh begitu anaknya da gede, minta dikurusin...
    kekekee...

    **anakku makannya banyak tp kurus, hiks.. sedih..

    BalasHapus
  10. anak sepupuku masih kelas 1 SD beratnya sudah 40 kg, cewek, kasian sering diejek ma temen2 sekolahnya...ya ini salah satu efeknya juga, anaknya jadi sedikit minder padahal masih kecil, apalagi kalau nanti tambah dewasa.
    awal kegemukannya karena pola makannya yang berlebihan.

    BalasHapus
  11. alhamdulillah, ketiga anak saya tdk ada yang mengalami gejala obestitas, mbak. tips yang bagus dan bermanfaat, mbak. yaps, selamat menyambut tahun baru, semoga makin tambah sukses.

    BalasHapus
  12. Emang sebaiknya dari kecil dah nggak dibiasakan makan kebanyakan sampai gemuk, soalnya kalau terbawa sampai besar, kasihan bisa minder dan sulit nurunkannya!

    Met Tahun Baru!

    BalasHapus
  13. selamat tahun baru... :D

    BalasHapus
  14. emang kadang orang tua hanya mikir yang penting sang anak doyan makan tanpa memikirkan berat badan mereka.. :)

    BalasHapus
  15. Gw juga obesitas ni :D

    BalasHapus
  16. infonya bagus mba thanks......met taon baruuuuu yah

    BalasHapus
  17. thanks infonya pak,,, selamat tahun baruuuuu

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.