Mengatasi Masalah Wanita

AvatarKecantikan, Kesehatan, Keluarga, Fashion, Karir dan Cinta

Masa Nifas pada Ibu hamil

"Masa Nifas dimana biasanya akan dirasakan pada wanita yang setelah usai melakukan persalinan, biasa nya hal ini akan dirasakan selama 40 hari setelah usah melahirkan pada ibu hamil."

Wanita kerap kali bahagia setelah usai menjalani persalinan dan sebenarnya masih ada fase dimana akan ada jeda waktu dimana akan ada proses pembersihan rahim hal ini sama seperti setiap wanita menjalani masa menstruasi. Mungkin bagi beberapa wanita sering kali mendengar kata "Masa Nifas" tetapi tidak mengerti apa maksud dan mengapa gejala tersebut terjadi setelah melahirkan. Sering kali wanita merasa was-was dalam menjalani masa nifas ini, yang sesungguhnya memang sebuah gejala alami yang biasa terjadi pada wanita setelah selesai melahirkan.

Proses gejala masa nifas setelah usai melakukan proses persalinan ini kan berlangsung selama 6 minggu atau berkisar 40 hari, dimana dalam hal ini ditunjukan beberapa gejala dengan mengeluarkan darah segar dari mulut rahim tak jarang bahkan ada yang mengeluarkan darah yang berlendir dimana sel-sel darah tersebut merupakan sisa dari plasenta, dinding rahim dan kotoran bayi selama ada didalam kandungan. Dalam hal ini bagi anda para ibu, tidak usah telalu khawatir dengan gejala tersebut, karna gejala tersebut adalah gejala normal yang akan anda jalani.

Tidak sedikit para ibu yang kerap kali mengalami beberapa dampak dari Masa Nifas tersebut, yang biasanya akan berdampak seperti dibawah ini:
  1. Anemia, hal ini biasanya terjadi dikarenakan pendarahan yang hebat sehingga sang ibu mengalami kekurangan darah. Bagi anda yang mengalami hal ini ada baiknya anda segera datang ke Rumah Sakit dan meminta untuk transfusi darah.
  2. Depresi Masa Nifas, Gejala ini timbul seperti hal nya wanita mengalami proses menstruasi, dimana perubahan hormon mempengaruhi prilaku sang ibu. Biasanya hal ini terjadi pada kurun waktu 1 minggu setelah melahirkan yang biasanya sang ibu akan merasakan resah, gelisah, pusing, bahkan ada pula yang sampai mengamuk seperti orang yang mengalami gangguan kejiwaan.
  3. Infeksi Masa Nifas, Infeksi ini biasanya terjadi dimana sang Ibu melakukan hubungan seks atau bersetubuh dengan pasangannya, yang sesungguh nya tidak boleh dilakukan dalam Masa Nifas ini. Jika infeksi ini terjadi pada anda biasanya akan timbul beberapa hal seperti mengalami demam tinggi dan cairan nifas yang keluar dari mulut rahim berbau busuk. Dalam hal ini ada baiknya jika anda memeriksakan langsung ke dokter kandungan anda.
Proses Masa Nifas pada Ibu Hamil tidak berhenti atau melebihi dari kurun waktu 6 minggu atau sekitar 40 hari ada baiknya anda datang untuk diperiksa oleh dokter yang paham dalam hal tersebut.


Berlangganan artikel Harianku.com gratis lewat e-mail anda: Klik disini untuk berlangganan!

23 komentar:

December 11, 2008 at 1:44 PM mahasiswi cantik said...

wah terima kasih deh infonya lagian saya kan belum nikah tapi asik nih infonya makasih udah berkunjung :D

December 11, 2008 at 2:19 PM Rajawali kecil said...

Duhh..kaya'nya bukan bacaan buat saya, saya save as aja buat isteri :))

December 11, 2008 at 6:17 PM Taktiku said...

Komentar aja deh, cos ga ngerti sih :D

December 11, 2008 at 7:04 PM thefachia said...

Alhamdulillah saya pia yang tidak perlu mengalami hal tersebut.. ;D

December 11, 2008 at 7:59 PM aRai said...

masa nifas juga termasuk masa kesedihan buat sang suami yah :((

December 11, 2008 at 9:09 PM yudi said...

kedengerannya ko rada seyem yah :? beneran tu ga apa2?

December 12, 2008 at 8:32 AM Cak Win said...

:? Untuk aku laki-laki, hehehhehehehe
Sebaiknya suminya gimanaya pada masa itu??

December 12, 2008 at 9:33 AM det said...

apa kalo nifas ini juga harus pake pembalut nifas? kok ndak pernah ada iklannya yaaaa...

December 12, 2008 at 9:34 AM budi tarihoran said...

Masa nifas membuat sang suami menahan yah!!

December 12, 2008 at 9:50 AM omiyan said...

buat bapak-bapak wajib baca nih artikel ya inget...40 hari...hehehehe :))

December 12, 2008 at 10:20 AM sawali tuhusetya said...

alhamdulillah, masa nifas istri saya setelah melahirkan ketiga anak dari rahimnya tidak ada masalah dan berlangsung normal-normal saja, mbak. info ini sangat bermanfaat bagi ibu2 yang kebetulan sedang menjalankan fitrah kehamilan, semoga mereka membacanya.

December 12, 2008 at 10:34 AM therunk said...

wew.. tambah pengalaman nih :D

December 12, 2008 at 10:43 AM ali mustika sari said...

wah informasinya bisa buat calonq .... :))

December 12, 2008 at 11:56 AM casual cutie said...

duhh serem bgt...ntar kl casual cutie abis melahirkan pst ky gt ya mba?? :(

December 12, 2008 at 5:04 PM Tony said...

ternyata banyak ya gejala saat hamil

December 12, 2008 at 5:20 PM ontria said...

wuih serem yah dah ngandung 9 bulan dengan segala macem problematikanya eh masih ada nifas lagi

December 12, 2008 at 6:04 PM trendy said...

jadi tau apa itu nifas...sma sempet dikasih tau..tapi lupa!
wekekekke!

December 12, 2008 at 7:29 PM katakataku said...

oh ibu.... sungguh bebanmu berat sekali ya
aku mencintai mu ibu :D

December 12, 2008 at 8:55 PM hakimtea said...

40 hari,,,, nifas = hari puasa bagi kaum pria :))

December 13, 2008 at 4:56 PM Anang said...

infonya bagus ni buat persiapan yang mau menikah ato melahirkan hahahaha

December 14, 2008 at 7:53 AM adinata said...

kalo melahirkannya secara cesaar, itu juga mengalami masa nifas ya ??? :? :( :(

October 21, 2009 at 12:12 PM memperbesar payudara said...

Makasih penjelasannya, jadi mengerti tentang masa nifas.

Post a Comment