15 Des 2008

Hyperemesis Gravidarum

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui makna "Hyperemesis Gravidarum", memang istilah yang satu ini hanya ada dalam dunia kebidanan. Pengertian dari Hyperemesis ini adalah gejala mual yang diikuti dengan muntah, dan kepala pusing yang dikarenakan perubahan hormon pada ibu hamil bahkan tidak sedikit sang ibu yang mengalami pingsan, mungkin hampir semua wanita disaat mengandung akan merasakan hal yang sama meskipun berbeda beda dalam gejala tersebut.

Bagi anda yang sudah merasakannya mungkin akan terganggu sekali dengan adanya Hyperemesis Gravidarum dimana wanita tersebut akan merasa kesulitan dalam menerima makanan yang dimakan sehingga banyak sekali para ibu yang sedang hamil akan mengalami dehidrasi serta penurunan berat badan yang drastis. Siklus Hyperemesis Gravidarum ini memang berfariasi, mungkin ada beberapa wanita yang menjalaninya dalam kurun waktu 1 bulan, bahkan ada pula yang mencapai 6 bulan

Seperti salah satu artis wanita yang sempat di wawancarai dalam sebuah acara talk show di Trans TV yang mengalami hal tersebut memaparkan tentang keluhannya dalam fase Hyperemesis ini yang dijalani selama 5 bulan, yang mengatakan "selama fase Hyperemesis Gravidarum ini menimpa saya, saya tidak bisa bangun dari tempat tidur, dan melihat matahari pun saya enggan, dan setiap apa yang saya makan dan saya minum selalu dimuntahkan kembali, sehingga saya selama 5 bulan tersebut saya terkadang dibantu dengan infus untuk mencegah kehilangan cairan tubuh saya".

Tentunya dalam hal ini kesabaran seorang suami memang sangat diperlukan untuk memberikan support pada sang istri dalam menjalani fase tersebut, karna jika pihak keluarga kurang memperhatikan dalam hal ini kemungkinan bagi wanita hamil yang menjalani fase tersebut akan mengalami gangguan keseimbangan cairan dan hal terburuk yang bisa terjadi adalah dapat berdampak pada bayi dalam kandungan tersebut.

Yang perlu anda ketahui bahwa Hyperemesis Gravidarum ini berbeda dengan Morning Sick meskipun gejala yang ditimbulkan sama. Perbedaan antara keduanya adalah:

- Morning Sick : Hanya muncul pada saat waktu tertentu, dan hanya dalam hitungan beberapa minggu.
- Hyperemesis Gravidarum: Terjadi setiap saat atau setiap waktu, dan fase tersebut cukup memakan waktu yang lama.

Menurut salah satu dokter kandungan pun memaparkan, cara efektif untuk mengatasi Hyperemesis Gravidarum ini dengan cara memberikan cairan infus yang dicampur dengan suntikan yang mengandung cedantron kedalam cairan tersebut yang bertujuan untuk menambah cairan pada sang ibu dan juga untuk mencegah rasa mual yang berlebihan, atau mungkin beberapa alternatif bisa anda gunakan dengan memberikan minuman hangat yang mengandung jahe, dan usahakan untuk menghindari konsumsi makanan atau minuman yang dingin.

4 komentar:

  1. iya, saya baru tahu makna istilah ini, mbak. hmmm ... Hyperemesis Gravidarum, ternyata banyak hal yang harus dialami oleh seorang ibu yang sedang mengandung. fase seperti itu seringkali tdk bisa dipahami oleh seorang suami, termasuk saya, kali, ya, mbak, hehehe .... ternyata fase seperti, sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses kodrati seorang perempuan yang sedang hamil. kalau artikel ini wajib hukumnya dibaca oleh bapak2 yang istrinya tengah mengandung nih.

    BalasHapus
  2. Mantaps. makin komplit aja nih mbak artikel kesehatannya.

    BalasHapus
  3. saya baru tau dari sini lho mbak :-)

    BalasHapus
  4. saat ini istriku sedang mengalaminya. udah 2 x ophname tapi dia sukanya kok minuman yang dingin kira-kira apa pengaruhnya ya?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.