Mengatasi Masalah Wanita

AvatarKecantikan, Kesehatan, Keluarga, Fashion, Karir dan Cinta

Seks bebas di kalangan remaja

Beberapa orang tua belakangan ini sering kali mengkhawatirkan tingkat pergaulan anaknya pada saat diluar rumah terlebih dengan adanya kasus dan berita-berita tentang seks bebas dikalangan pelajar, tentunya bagi para orang tua harus lebih jeli dalam hal ini. Pertumbuh kembangan remaja disaat sekarang ini memang harus kita waspadai dan diperhatikan selain dikarenakan kondisi kejiwaan para remaja yang masih labil dan transisi, menyebabkan para remaja cenderung bersikap aneh, mungkin ini adalah proses bagi remaja atau biasa disebut ABG dalam mencari jati dirinya, atau biasa kita sebut dengan istilah masa pubertas dimana gejolak seksual ikut berkembang seiring perkembangan remaja.

Pergaulan bebas yang akhir-akhir ini marak dikalangan pelajar, membuat dunia pendidikan semakin tercoreng, hal ini ditunjukan dari beberapa kasus yang ada yaitu hamil di luar nikah karena diperkosa sebanyak 3,2 %, karena sama-sama mau sebanyak 12,9 % dan tidak terduga sebanyak 45 %. Seks bebas sendiri mencapai 22,6 % (sumber: BKKBN).

Seks Education atau pendidikan seks bagi para pelajar memang sudah dicanangkan oleh pemerintah dalam mencegah terjadinya seks bebas dikalangan remaja, hal ini ditunjukan dengan adanya seminar-seminar pendidikan yang diadakan oleh beberapa LSM tentang pemahaman dan bahaya dari seks bebas dan akibat dari seks bebas yaitu tentang HIV AIDS. Beberapa waktu salah satu guru yang memperhatikan hal ini memaparkan "Apakah siswi hamil diluar nikah harus dikeluarkan?" Beberapa kontrofersi pun terjadi dalam topik bahasan tersebut.

Didalam hal ini dengan memberikan pemahaman dari orang tua dan pihak sekolah sangat lah penting, sehingga diharapkan para pelajar mampu menyadari dan memahami keburukan tentang masalah seksual, agar tingkat perkembangan seks bebas dikalangan remaja tidak terus bertambah.


Berlangganan artikel Harianku.com gratis lewat e-mail anda: Klik disini untuk berlangganan!

42 komentar:

November 29, 2008 at 7:24 PM Majik said...

memang susah juga ngawasin anak...tapi kalau terlalu diawasi juga anak kita gak suka....

November 29, 2008 at 8:06 PM Taktiku said...

bookmarks dulu.

harus ada kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa.

November 29, 2008 at 8:31 PM pernahngalamin said...

memang mas banyak terjadi nih yang gitu2 gitu teramasuk nih yang koment ini juga udah salah jalan kedunia sex bebas, dan buat semuanya lebih baik ga usah deh. salah satu yang menjadi faktor utama sex bebas di kalangan mahasiswa ada lah situasi kos..jadi buat teman2 yang ingin ngekos lebih baik cari kos yang tertup dari lain jenis...

November 29, 2008 at 9:12 PM aha said...

maksudnya tidak terduga apa tuh?..

November 29, 2008 at 9:34 PM Tony said...

walah yang cakep kok nunduk :D

November 29, 2008 at 10:06 PM thefachia said...

Wah emang seks bebas berbahaya..

Semoga anak saya besik laki-laki.. :D

November 29, 2008 at 11:17 PM annosmile said...

dunia sudah berubah bro
perlu pengawasan

November 29, 2008 at 11:38 PM khairuddin said...

Saya pernah membaca sebuah iklan di surat kabar, bahwa ada seorang kyai yang bisa 'memagar' anak gadis kita supaya tidak bisa di 'colok' sebelum dia resmi menikah...

dan sy pernah juga denger waktu sy dibekasi, seorang anak teman yang masih gadis, tidak mempan di perkosa atau dijahilin pacarnya krn menggunakan 'pagar' itu....

pecaya ga pecaya, harus pecaya :) (kl icon orang tersenyum gimana yach? Blogsopt keknya ga kenal dengan icon ini)

November 29, 2008 at 11:49 PM syamsu said...

yang tidak terduga itu diperkosa waktu lagi mabuk kali ya :-D

November 30, 2008 at 2:35 AM Eljaholic said...

Begitulah remaja jaman sekarang.. saya bukan remaja untungnya ;))

November 30, 2008 at 5:28 AM spydeeyk said...

tidak terduga?? he2.., tidak terduga enaq nya kah.. *kaburr..* :D

November 30, 2008 at 5:40 AM dtxc said...

keyword yang bagus ;)

November 30, 2008 at 9:53 AM fauzan said...

wah hebat dah bikin artikel sambil latihan SEO

November 30, 2008 at 10:28 AM mascayo said...

bahkan bisa jadi trendnya merebak ke kalangan pra remaja. lha media penyebarannya sekarang begitu mudah dimiliki. memang harus ekstra hati-hati

November 30, 2008 at 4:07 PM naruto said...

sepertinya selain pengawasan orang tua kesadaran anak lebih menjadi factor utama. kan Tidak selalu orang tua ada di samping anak anak

November 30, 2008 at 4:17 PM chodirin said...

tidak terduga karena apa ya.. terbanyak tuh

November 30, 2008 at 7:41 PM Yopan Prihadi said...

Saya hanya bisa mengelus dada lihat statistik yang terus menanjak.
Ya..benar juga perlu pemahaman dan pendidikan seks yang lebih spesifik untuk mengatasinya.
Artikel yang sangat menarik nih..

November 30, 2008 at 11:28 PM aRai said...

anda juga termasuk penganut seks bebas? :D

December 1, 2008 at 1:14 AM endar fitrianto said...

Seks bebas sekarang mencapai 22,6 %. seupuluh tahun lagi berapa % ya

December 1, 2008 at 7:01 AM Edi Psw said...

Siswi yang hamil diluar nikah biasanya langsung dikeluarkan karena sudah mencemarkan nama sekolah. Tapi sebenarnya itu bukanlah solusi terbaik, dan justru malah menambahkan masalah baru pada siswi tersebut.

December 1, 2008 at 2:24 PM Masenchipz said...

perlu adanya wejangan lebih dari tokoh agama juga om...

December 1, 2008 at 4:53 PM boyin said...

jaman sekarang harus terbuka penuh dengan anak. kalo perlu kasi tau kalo harus hati2 dan pake kondom.

December 1, 2008 at 5:26 PM Anang said...

seks itu enak sih... coba kalo enggak

December 2, 2008 at 3:24 AM therunk said...

anak kalo terlalu di kekang ntar jadinya mekangkang, ;ebih baik di bebasin tapi kasih pengarahan, mana yang baik dan mana yang buruk
pasti anak ga akan macem2 :D

December 2, 2008 at 8:51 AM yudi said...

serem bagi orang tua tapi ga mempan bagi anak baru remaja :?

December 2, 2008 at 12:27 PM Gelandangan said...

Kita semua peduli penderita AIDS
Jahui Penyakitnya jangan jahui penderitanya

December 2, 2008 at 12:38 PM inforesep said...

emang susah ngawasin anak mba. apalg di luar jam sekolah. solusinya gmn ya?

December 2, 2008 at 12:45 PM casual cutie said...

wah....bahaya jg ya.setidaknya kt hrs terbuka sm anak. ga diawasin, si anak jd semaunya. kl diawasin, kan kasian. mana ada anak yg mau dikawal 24 jam sm ortunya.

December 3, 2008 at 1:26 AM sawali tuhusetya said...

persaolan yang dihadapi remaja masa kini makin rumit dan kompleks, mbak. selain lingkungan yang mulai apatis, tayangan media juga memudahkan anak2 utk berfantasi seksual. saya setuju tuh sex education, supaya anak2 tahu dampak dan resikonya jika melakukan seks sebelumnya saatnya tiba.

December 3, 2008 at 4:05 PM reza said...

free seks memang harus di hapuskan :))

December 3, 2008 at 6:25 PM annosmile said...

saya yang remaja aja was was :((

December 3, 2008 at 8:09 PM Gadis Bugil said...

Salah satu faktor kenapa fre seks marak dikalangan remaja adalah karena materi seks seperti film dan gambar2 porno mudah didapatkan/diakses, bahkan oleh anak2 SD sekalipun.

December 4, 2008 at 1:13 AM Rajaklik said...

kita emang perlu tegas dalam mendidik anak kalau soal yg beginian... :O :(( tegas kok begini :(

March 25, 2009 at 12:45 PM dien_myudz said...

seks bebas di kalangan remaja sekarang sungguh memprihatinkan.............

perlu kewaspadaan orang tua kepada anak-anaknya...........dien_myudz

May 12, 2009 at 3:40 PM meliani said...

iya ni...skarang ni mgkn susah la dpt cew yg virgin ato cow yg maci perjaka.....
langka kayaknya..

May 27, 2009 at 3:21 PM Anonymous said...

kenapa juga siswi yang hml hrs di keluarin toh juga dya mzh mo skul y ?

July 2, 2009 at 7:46 PM yosef said...

cuy sebenernya sex bbz mrak d klngan anx muda kbykan faktor lingkungan da pergaulan,krn lngkungan sbnernya mmbngun krkter seseorang loch...

December 9, 2009 at 6:03 PM ita said...

yapzz...perlu banget keterbukaan antara ortu dan anak wat m'hindari seks bebas..setidakna anak bisa sharing...lingkungan faktot terbesar penyebab terjadinya seks bebas..pa lagi rasa ingin tahu remaja sangat besar..

February 15, 2010 at 10:46 PM blogger mania said...

nak tu g' bisa terlalu diawasin,ntar kalo mereka da nekap lebih bahaya lagi.tapi ngomongin masalah seks bebas tau seks apa,,kasi batasan aja,jangan sampai buat penasaran dan pengen coba.
Contohnya ne,,jangan pernah bilangin : " kalo tau ngesek tu enak uda kawin dari dulu deh gue,pas uda sunat ?".usahakan deh jangan ucapin kata2 ini.see u

May 18, 2010 at 11:10 PM Surya's Blog said...

Pacaran yang normal normal aja, dan kalau sudah gak tahan ya harus nikah..wajib hukumnya....

September 4, 2012 at 6:22 PM hesti said...

aku sbagai remaja...minta bantuannya dnk..
apa lagi yang hrus dilakukan utk memberantas sex bebas dikalangan remaja???

Post a Comment